BANDENG PRESTO SPESIAL PALEMBANG

Posted: Juni 24, 2010 in Suara SJI Angkatan I

MUZHAR APANDI – Suara SJI, Palembang

Bandeng Presto Spesial Palembang

Bandeng Presto Spesial Palembang

Alternatif Oleh-oleh Palembang selain pempek
Mungkin selama ini kalau kita mendengar kata bandeng presto, kita hanya ingat dengan bandeng presto khas semarang kan?. Nah ternyata anggapan itu saat ini tidak seratus persen benar. Tahu kenapa?, pasalnya di kota Palembang yang terkenal dengan kuliner khas pempeknya, juga memiliki bandeng presto spesial Palembang. Bandeng presto spesial Palembang ini dibuat oleh Tasdiono (47) warga Jalan Angkatan 66-Rajawali II lr. Melati III No. 1843 A Kelurahan Talang Aman Kecamatan Kemuning Palembang. Kira-kira seperti apa ya? Bandeng presto spesial Palembang tersebut? Apakah sama dengan bandeng prestonya khas semarang?.

Nah, bandeng presto sendiri adalah ikan bandeng yang diolah sedemikian rupa dengan menggunakan alat presto khusus, sehingga ikan bandeng tersebut tulang-tulangnya menjadi lunak dan enak dimakan. Bandeng presto spesial Palembang ini, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ikan bandeng presto khas semarang yang telah kita kenal selama ini, hanya bedanya bandeng presto spesial Palembang ini diberi bumbu khas Palembang. “ Bandeng buatan saya ini dikasih bumbu dapur khas Palembang seperti laos, kunyit, bawang merah dan bawang putih,” ujar Yono, sapaan akrab Tasdiono.
Yono menjelaskan, bandeng presto spesial Palembang buatannya ini tidak kalah dengan bandeng presto khas semarang. Bahkan ia menjamin bandeng prestonya lebih unggul, ini beralasan karena menurut yono, pengolahan bandeng prestonya lebih bersih dan higienis, baik itu dari penyiangan ikannya, hingga kepengemasan ikan bandeng presto tersebut. “ sebelum diolah, ikan bandeng yang akan saya buat presto ini, dibersihkan terlebih dahulu,” ujarnya.
Mulai Usaha dengan Pinjaman uang dari Bank
Dari penuturannya, Yono atau Tasdiono, sang pembuat bandeng presto spesial palembang ini sendiri merupakan asli wong Sumsel, ia kelahiran kota Agung, kabupaten Lahat. Usaha bandeng presto ini telah dimulainya sejak tahun 2007 yang silam. Pada awal usahanya waktu itu, ia menghabiskan modal awal sebesar 25 juta rupiah, hasil pinjaman bank dengan mengandalkan SK PNS-nya. Dengan modal awal tersebut, ia pergunakan untuk membeli satu set alat presto.
Kata yono, awal mula membuka usaha bandeng presto spesial Palembang ini, karena tuntutan ekonomi keluarganya, ia tidak ingin hanya mengandalkan penghasilan dari status PNS-nya. Pilihan usaha pun jatuh ke bandeng presto, selain karena ia telah tahu benar cara pengolahan bandeng presto tersebut, ia juga ingin membuktikan bahwa orang Palembang juga bisa membuat bandeng presto yang enak.
Bahan-bahan ikan bandeng yang dijadikan bandeng presto spesial Palembang ini, dibeli oleh Yono dari Pasar Jakabaring Palembang. Ikan-ikan yang dibelinya merupakan ikan segar, karena itu merupakan syarat utama untuk membuat bandeng presto yang baik dan tahan lama. Proses pembuatan ikan bandeng presto spesial Palembang buatan yono ini cukup sederhana.
Pertama, Yono harus memilih ikan yang benar-benar segar, dan tidak terlalu besar. Untuk itu ia memiliki patokan, ikan bandeng yang dibelinya harus memiliki bobot satu kilo setiap enam ekor bandeng. Kedua, ikan dibersihkan dan dibelah hingga ke dagu ikan, buang isi dan ingsangnya. Ketiga, ikan bandeng tadi dicuci bersih, direndam dengan air garam, dan tiriskan. Keempat, ikan bandengnya dicampur dengan bumbu yang telah dihaluskan dan diberi sedikit air, bumbu-bumbu tersebut terdiri dari bahan laos, kunyit, garam, bawang merah, dan bawang putih. Kelima ikan-ikan tadi disusun di mesin presto, dan dikukus kurang lebih dua setengah jam. Setelah itu di oven selama 30 menit, didinginkan, dan divacum dengan kemasan plastik kedap udara. Keenam, ikan bandeng presto tersebut dikemas ke dalam kotak yang telah diberi nama Ikan bandeng spesial Palembang, dan tentu saja siap untuk dijual ke pasaran.
Tiap hari Yono dengan bantuan sang istri, Sandra (41), mampu memproduksi ikan bandeng presto sebanyak 25 kilo gram. Dari ikan sebanyak itu dapat menghasilkan tiga puluh kotak bandeng presto, setiap kotaknya diisi empat ekor bandeng presto dan sambalnya. Bandeng presto buatan suami-istri yang telah memiliki empat anak ini, dipasarkannya secara langsung dengan mobilnya di lapangan parkir stadion bumi sriwijaya, dan juga di halaman parkir pasar sekip Palembang. Selain itu meski tidak terlalu banyak, Yono juga menitipkan bandeng prestonya ke mini market sekitar rumahnya. Harga jual ikan bandeng presto spesial Palembang ini, dijual Yono dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 25 ribu rupiah perkotaknya. Nah dengan harga tersebut, Yono bisa meraih omzet rata-rata sepuluh juga perbulan dari penjualan bandeng prestonya.
Sementara itu Tuti, salah seorang penggemar bandeng presto, mengaku menemukan rasa lain saat ia mencicipi bandeng presto spesial Palembang dibanding bandeng presto yang ia konsumsi sebelumnya. “ Bumbu khas Palembang begitu terasa pada bandeng ini,”ujarnya.
Penasaran dengan bandeng presto spesial Palembang ini? Kita dapat mendapatkannya dengan menemui Yono, saat ia menjajakan bandeng prestonya di lapangan parkir stadion bumi sriwijaya atau di halaman parkir pasar sekip Palembang. Tetapi kalau tidak ketemu, kita bisa juga ke rumah Yono langsung di Jalan Jalan Angkatan 66-Rajawali II lr. Melati III No. 1843 A Kelurahan Talang Aman Kecamatan Kemuning Palembang. Selain bisa dikonsumsi sebagai lauk, ikan bandeng presto spesial Palembang ini juga, dapat kita jadikan sebagai alternatif oleh-oleh dari Palembang. (aan)

Palembang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s