Harga Sembako Melambung

Posted: Juli 6, 2010 in Suara SJI Angkatan II

Tiara Kurnia Mahesa, Suara SJI – Palembang

sembako pasar lemabang

sembako pasar lemabang

Melambungnya harga beberapa jenis sembako lainnya berpengaruh oleh masyarakat berpenghasilan rendah .Saat ini harga beras di pasar tradisional tak lagi terjangkakau lagi.

Harga jual beras Pandan Wangi di Pasar Induk Palembang mencapai Rp 5.600 per kg, sebelumnya hanya Rp 4.500/Kg serta pasar tradisional lainnya di Palembang, kenaikan berangsur-angsur. Hampir setiap hari naik.

Saya jadi bingung menjelaskan kepada pembeli,” kata Firman (45), pedagang beras di Pasar Plaju, Palembang (23/5), seperti dikutip Suara SJI. Firman tidak senang dengan kenaikan ini karena lonjakan harga membuat omset penjualannya menurun.
Pantauan di Pasar 16 Ilir Palembang, beberapa jenis sayuran yang mengalami kenaikan,Cabai Merah Keriting dari Rp 20.000/Kg jadi Rp 24.000/Kg, Buncis dan Kacang Panjang dari Rp 6.000 jadi Rp 8.000/Kg. “Naiknya dua kali, minggu lalu sudah naik, kemarin naik lagi harganya,” ujar Aliyin, pedagang sayuran di Pasar 16 Ilir Palembang,Minggu (23/5).
Sedangkan jenis sayuran lainnya stabil, seperti Bawang Merah Rp 12.000/Kg, Bawang Putih Rp 20.000/Kg, Wortel Rp 4.000/Kg, Sawi Putih Rp 5.000/Kg, Kol Rp 6.000/Kg, Kentang Rp 6.000/Kg, Timun Rp3.000/Kg dan Kembang Kol Rp 10.000/Kg. “Pembeli sepi, omset menurun karena pembelinya langganan saja,” katanya.
Hj Rotilawati (40), ibu rumah tangga, mengeluh kepada Suara SJI bahwa harga Sembako terus merambat naik. Ibu yang berjualan nasi diseputaran Kampus Universitas PGRI itu, mengeluh lantaran lonjakan harga beras, cabe merah dan tomat, menggerus keuntungannya yang sudah tipis. Harga beras bergerak naik antara Rp 200 sampai Rp 400/kg. Belum lagi ditambah kebutuhan sekolah anak serta kebutuhan lainnya.

Menangapi kutipan Menko Perekonomian yang menjelaskan bahwa pemerintah telah memutuskan dua langkah penting untuk menjaga kestabilan harga Sembako. Pertama, membuka keran impor beras, dan kedua, mengamankan distribusi Sembako.Hal itu perlu dijabani dan dijalankan dengan serius agar masyarakat yang berpenghasilan rendah dan pas – pasan dapat mencukupi kebutuhan sehari – hari. (Tiara)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s