Petugas Sensus Salahi Aturan Pendataan

Posted: Juli 6, 2010 in Suara SJI Angkatan II

Suara SJI – Palembang

sensus

sensus


Pelaksanaan Sensus penduduk 2010 di wilayah Sumsel ditemukan sejumlah pelanggaran. Seperti, pendataan di luar rumah dan petugas tidak menggunakan atribut resmi.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumsel, Haslani Haris mengatakan, pendataan dilakukan di luar rumah dan petugas tidak menggunakan atribut resmi jelas salah. Karena melanggar aturan yang sudah ditetapkan pemerintah tentang tatacara pelaksanan pendataan penduduk.

Menurut Haslani, jumlah petugas sensus untuk wilayah Sumsel tercatat 6.300 orang, 752 kordinator kelurahan, 2.400 kordinator tingat RT . Sisanya petugas yang direkrut dari warga setempat. Sebelum bertugas mereka diberikan pembekalan untuk melaksanakan tugas selama satu bulan mulai 1 Mei hingga 30 Mei.

“Lama pembekalan masing-masing petugas tidak sama tergantung posisi mereka, kordinator kecamatan yang membawahi kordinator kelurahan pembekalan diberikan BPS kabupaten,” ucapnya.

Intinya setiap petugas sensus diberikan pembekal dan pengetahuan tentang tatacara pendataan penduduk. “Tapi masih saja ada yang melanggar,” katanya kesal.

Ia mengungkapkan setiap pelanggaran jelas ada sanksi, mulai dari teguran hingga sanksi administrasi, tergantung tingkat kesalahan. “Petugas di lapangan biasanya warga setempat, kita minta yang bersangkutan mendata ulang,” tegasnya.

Pendataan di luar rumah dialami Sri (40) warga Komplek Griya Handayani Blok F1/10, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Senin (23/5) lalu.

Ibu dua anak ini mengaku ketika berada di warung ia didatangi petugas sensus bernama Wati. “Saya tahu ia petugas sensus dari baju dan tanda pengenal yang ia pakai. Jadi apa yang ia tanya saya jawab,” tutur Sri.

Dikatakan Sri, awalnnya Wati yang masih tetangganya itu mengaku ingin ke rumahnya, tapi batal. Setelah bertemu di warung. “Katanya mau ke rumah saya, tapi tidak jadi setelah melihat saya di warung,” ungkap Sri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s