Sistem dan Alat Teknologi Bandara Banyak ‘Lemot’ Perbaikan Ac Sempat Mandek

Posted: Juli 6, 2010 in Suara SJI Angkatan II

Suara SJI – Palembang

SMB II-Perlatan dan sistem teknologi di bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang yang relatif tua bakal diganti. Penggantian masih berkaitan dengan kerusakan yang terjadi pada AC central bandara beberapa waktu lalu. Serta persiapan menghadapi Sea Games mendatang di Sumatera Selatan.
”Rata-rata peralatan dan sistem teknologi di bandara sudah last time (tidak layak pakai). Salah satunya AC Central yang kemarin mengalami kerusakan. Dan kini kembali normal. Namun masih di back up AC portable sebanyak 16 unit. Mungkin hari senin dilepas AC portable-nya,” kata General Manager PT AP II, Yon Sugiono S.Sos,.MBA saat dihubungi koran ini.

Upaya perbaikan AC Bandara SMB II sempat dikebut pihak PT AP II. Namun langkah itu terhalang dengan kosongnya stok spare part AC Central di agennya di Jakarta. Kerusakan berlangsung dua hari yang lalu yang menyebabkan PT AP II ”mengerahkan” 16 unit pendingin portable.
”Kosongnya stok spare part AC Central di agen Jakarta, tentunya memakan waktu. Dimana spare part yang diperlukan, harus dibeli dan didatangkan dari Amerika Serikat serta dibuat disana. Tapi sekarang AC Central sudah normal kembali di bandara,” ungkap Yon.
Ia juga tidak menampik, beberapa fasilitas Bandara Internasional SMB II banyak yang usang. ”Seiring keberadaan SMB II yang telah berdiri 5 tahun ini, kebetulan pula saya yang pimpin.” celetuk Yon.
Dijelaskannya, kondisi yang ada saat ini sangat diperlukan peremajaan atau pergantian alat dan sistem teknologi bandara SMB II. Bahkan PT AP II telah menganggarkan dana RP 100 miliar sebagai upaya pergantian peraltan yang ”uzur”. Niat tersebut awalnya dijalankan pada tahun mendatang (2011), tapi maju akhir tahun ini.
”Kita akan lakukan peremajaan peralatan dan sistem teknologi di bandara mulai tahun depan. Karena kondisinya (red, peralatan teknologi) memang harus dilakukan pergantian. Kemungkinan pergantian tidak harus dimulai tahun depan, tapi di akhir tahun ini dilakukan secara bertahap,” ujar Yon.
Menurutnya, fokus pengembangan pergantian alat teknologi untuk saat ini yakni area terminal. ”Difokuskan pengembangan pada area terminal, check in, serta penambahan garda barata menjadi dua lagi. Nah, pengembangan teknoloigi tentunya akan menambah peralatan,” imbuhnya.
Menurutnya, CCTV di beberapa area bandara SMB II akan ditambah dan diganti dengan yang baru. ”Jelas ini bentuk pengamanan dan pelayanan kepada pengguna jasa penerbangan. Khususnya bandara yang merupakan area vital transportasi udara selain darat, bebernya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s