Kantongi Basic, Lulusan SJI Diawasi

Posted: Juli 12, 2010 in SJI Sumsel di Mata Media

Sumber: http://sumeks.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=7164:kantongi-basic-lulusan-sji-diawasi&catid=42:news&Itemid=92
Jumat, 04 Juni 2010 00:53

Direktur Yayasan Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI), Zulkarimin Nasution menegaskan, wartawan harus mempunyai dasar jurnalisme. Tiga poin dasar jurnalisme yang dikantongi meliputi ketelitian-kecermatan, yakin diri, keluasan akan pengetahuan. Poin-poin tersebut dalam dunia jurnalisme menjadi perhatian khusus.
“Lulusan SJI selama pendidikan dan pelatihan digojlok bekal-bekal pengetahuan. Meliputi ketelitian dan kecermatan, confidence (yakin diri) serta keluasan pengetahuan. Nah, lulusan SJI gelombang I, II terus diawasi dan dilihat bersama hasilnya,” terang Zulkarimin di acara penutupan SJI gelombang II, kemarin (3/6).

Hasil evaluasi lulusan SJI gelombang I menurutnya cukup menggembirakan sesuai laporan yang diterima dari alumni. Ini menunjukkan pendidikan-pelatihan SJI merupakan investasi yang akan berlaku ke depan.
Sekjen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendri CH Bangun mengatakan, pendirian SJI di Sumsel mendorong enam provinsi di Indonesia melakukan hal yang sama. Hingga sekarang, usulan tersebut dalam tahap realisasi perencanaan yang masih mengalami hambatan.
“Seperti Kaltim, Jateng, Sulsel, yang terhambat oleh birokrasi. Proses birokrasi harus diikuti, sehingga dana itu baru cair. Padahal sesuai ucapan Ketua Umum PWI Pusat, pada 2010 harus terselenggara lima Sekolah Jurnalis di Indonesia. Karena target 2013, kalau bisa dua per tiga provinsi sudah terealisasi pendidikan SJI,” ungkapnya.
Penutupan SJI gelombang II dihadiri Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dengan menyematkan langsung medali ke peserta yang lulus. Dari 28 peserta SJI yang terdaftar, empat orang mengundurkan diri, dua orang drop out, satu orang dinyatakan tidak lulus.
“Sumsel dari awal konsisten dalam pendidikan wartawan. Bahkan, penyelenggaraannya sudah gelombang kedua. Bagi daerah yang terhalang mengajukan SJI, datang ke sini saja,” seloroh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menyarankan beberapa daerah yang terhambat birokrasi mendirikan SJI.(mg27)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s